BANNER LOGO 1A

"Satu Tujuan, Satu Tantangan Untuk Peradilan Yang Agung, Salam Satu Pudak"
PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
Layanan Terpadu Untuk Melayani Masyarakat Lebih Cepat, Efesien dan Akuntabel
ERATERANG MAHKAMAH AGUNG RI
Merupakan media elektronik dalam memberikan pelayanan permohonan Surat Keterangan pada Pengadilan Negeri
E-COURT MAHKAMAH AGUNG RI
Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
POSBAKUM
POSBAKUM Anda yang kurang mampu berhak mendapatkan layanan bantuan hukum secara cuma-cuma Gunakan hak anda, manfaatkan POSBAKUM
SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA
Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Cara termudah untuk mengetahui tentang perkara yang sudah atau sedang di proses
SISTEM INFORMASI PENGAWASAN MAHKAMAH AGUNG RI
SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya. Penanganan Whistleblowing tidak melayani pengaduan saudara yang berkaitan dengan masalah perkara.
ANYTIME ANYWHERE
Akses situs kami melalui smartphone anda, kapan saja dimana saja.
DIREKTORI PUTUSAN
Kumpulan Putusan Atas Perkara- Perkara Yang Ditangani oleh Pengadilan Negeri Gresik Pada Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia
VIDEO INFORMASI GUGATAN SEDERHANA
Penayangan Video Informasi Mengenai Gugatan Sederhana.
sipp3

 

 

jadwalsidangnew
    

posbakum    EFERTGER
direk 

ZI

RAPAT BERJENJANG DAN MONEV KEPANITERAAN BULAN DESEMBER 2020

Pada hari SENIN tanggal 14 Desember 2020 pukul08.15 WIB, diruang Rapat Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik Kelas IA,diadakan rapat berjenjang dan Monitoring & Evaluasi Kepaniteraan dan Jurusita, rapat berjenjang ini merupakan bagian dalam system akreditasi penjaminan mutu yang mensyaratkan untuk setiap Satker Pada Mahkamah Agung dan peradilan dibawahnya untuk melaksanakan system tersebut, yang nantinya hasil rapat berjenjang dan Monev tersebut apabila tidak ditemukan solusi/jalan keluarakan dilanjutkan/dibawa kedalam rapat bulanan/rapat pleno ;

MONEV DES1

MONEV DES2

MONEV DES3

Rapat kepaniteraan ini langsung dipimpin oleh Bapak. YUSRIZAL, SH.MH selaku Panitera Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik Kelas IA, dengan dihadiri oleh Para Panitera Muda, para Panitera Pengganti(PP), para Jurusita dan Jurusita pengganti(JS/JSP) adapun agenda rapat yang dibacakan oleh notulen rapat Ibu NURTIANINGSIH, SH.MH adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. Penyampianhasilrapatberjenjang Unit2
  3. Monev dan PembinaandariPanitera
  4. Tanya jawab
  5. Kesimpulan

-       Penyampian Hasil RapatBerjenjang Unit2

Pada kesempatan paparan hasil rapat berjenjang, para Panitera Muda menyampaikan hasil rapat berjenjang, yang pada pokoknya unit unit telah mengadakan rapat berjenjang dan melaporkan semua permasalahan2 yang ada pada setiap bagian2sudah dapat diselesaikan ;

MONEV&PEMBINAAN OLEH PANITERA

Dikatakan juga, bahwa sejak beberapa tahun yang lalu, Mahkamah Agung RI telah mencanangkan kalau Mahkamah Agung dan jajaran Peradilan dibawahnya sedang menuju Peradilan Modern berbasis Teknologi Informasi, maka diharapkan semua aparat Peradilan harus sudah menguasai Teknologi informasi, karena apabila tidak, maka kita akan tergerus dengan teknologi itu sendiri, pada kesempatan rapat dan monev bulan ini juga sekaligus melaksanakan perintah dari Panitera PT Surabaya untuk mensosialisasikan kembali SK Dirjen No. 34/DJU3/HM02.3/1/2020

 

Monev dan Pembinaan :

 

  1. Terkait pelaporan sdh berjalan dengan baik, dan diminta kepada unit2 yg lain untuk selalu bersinergi dengan Kepaniteraan Muda Hukum sebagai unit yang menerima penyajian data dari unit2 lain, untuk dilaporkan kepada pimpinan, karena sejak awal tahun yang lalu setiap laporan2 dikirim secara online kealamat pelaporan Badilum Mahkamah Agung RI tidak lagi melalui pos/email, dan dikirim paling lamat tanggal 5 setiap bulannya, sebagaimana petunjuk dalam surat Dirjen Nomor : 6/DJU/HM02.3/1/2020 tanggal 8 Januari 2020, ;
  2. Terkait pelaksanaan dan pengelolaan delegasi dan penginputan Delegasike SIPP dinilai masih kurang dari yang diharapkan, untuk itu ditekankan kepada Kodel dan Jurusita untuk selalu memahami dan melaksanakan regulasi regulasi terkait delegasi, seperti Sema No. 6 tahun 2014 tentang penanganan bantuan panggilan/pemberitahuan, SK Dirjen Badilum Nomor 253/DJU/HM02.3/2/2016 tanggal 9 pebruari 2016 tentang penanganan bantuan panggilan/pemberitahuan melaluiaplikasi SIPP, surat Panitera Mahkamah Agung RI Nomor : 2214/PAN/HK.00/8/2019 tanggal 12 Agustus 2019, dan terakhir dipertegas kembali oleh SE Dirjen Badilum MA RI Nomor 5 Tahun 2019 tanggal 9 September 2019 tentang peningkatan kepatuhan penanganan bantuan panggilan/pemberitahuan dengan sebaik baiknya ;
  3. Terkait Bimtek pelaksanaan tenaga teknis, baik bagi Panitera Muda Perdata maupun jurusita/JSP serta staf perdata, yang telah dilaksanakan minggu lalu oleh PT Surbaya supaya dapat diimplemtasikan pada bagian keperdataan Pengadilan Negeri Gresik dengan sebaik baiknya, meskipun Bimtek tersebut menggunakan media Zoom/daring karena pelaksanaan masih ditengah2 wabah pandemic covid 19 ;
  4. Mengingatkan kembali diakhir tahun ini kepada semuanya tentang PTSP khusus kepada para Panmud untuk selalu mengawasi pelaksanaan petugas/stafnya yang ada di PTSP, agar benar benar melaksanakan tugasnya dengan baik, karena PTSP Pengadilan adalah wajah/cermin dari kantor Pengadilan Negeri /Hubungan Industrial Kelas IA, karena semua pelayanan Peradilan pada masyarakat pencari keadilan ada pada meja PTSP tersebut, jadi petugas yang ada disana diharapkan wajib menguasai tugas pokok dan pungsi dari bagiannya masing2, juga dapat memberikan pelayanan yang ramah sesuai dengan system akreditasi yaitu 3S (senyum, salam dan sapa), sehingga outputnya dapat memberikan pelayanan maximal/memuaskan kepada masyarakat sebagaimana yg diatur dalam SK DIrjenBadilum MA No 77 tahun 2018 dan No 3239 tahun 2019 ;
  5. Pada kesempatan itu juga diingatkan kepada semua Panitera Pengganti dan Jurusita untuk selalu Disiplin dalam penginputan dan penguploadan perkaranya kedalam SIPP karena berdasarkan update data pagi hari ini rasio penanganan perkara pada SIPP Nasional, Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik Kelas IA untuk Satler yang perkara perkara 1001 s.d. 2000 Satker PN Gresik ada pada peringkat Nomor 9 dari 35 Satker, untuk itu diminta supaya peringkat tersebut terus dapat ditingkat dengan konsisten untuk menginput dan mengupload SIPP secara Real Time, karena selain untuk penilain EIS, SIPP juga merupakan sumber informasi perkara yang pada setiapSatker ;
  6. Bapak Panitera juga mengingatkan kepada jurusita dalam pemanggilan kepada pihak yang tidak ada ditempat atau melalui Kepala Desa/lurah supaya benar benar menerapkan pasl 390 HIR ayat 1 dan SEMA No. 1 tahun 2017 ;
  7. Bapak Panitera juga mengingatkan menjelang libur natal dan tahun baru supaya perpanjangan penahanan dicek Kembali, dan segera diperpanjang bila memang perkara yang dimaksud harus diperpanjang/ dapat diperpanjang, baik perpanjangan KetuaPengadilan Tinggi maupun Ketua Pengadilan Negeri ;
  8. Bapak Panitera juga menghimbau kepada rekan Panitera Muda, selain melaksanakan tugas pada setiap Unit2 nya sesuai SOP yang ada, beliau juga memotivasi supaya ada inovasi2 yang berbasis IT dalam rangka mengepektipkan pelayanan terbaik bagi para pencari Keadilan ;
  9. selanjutnya pada kesempatanitu juga Panitera mengingatkan kembali tentang PERMA No.8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan atasan langsung di lingkungan MA RI dan Badan Peradilan dibawahnya, dan SK KMA No. 122/2013 tentang kode etik Pedoman dan Perilaku Panitera dan jurusita, dan terhadap aturan tersebut panitera mengingatkan untuk selalu menghayati dan mengamalkan aturan2 tersebut diatas, dan menegaskan untuk jangan melakukan perbuatan2 yang tercela dengan cara selalu mengingat Allah swt, Inshallah kita akan terhindar dari hal hal yang melanggar, dan mengingatkan juga supaya dapat Disiplin, baik jam kerjamaupun jam pulang sebagaimana aturan jam kerja yang telah ditentukan ;

Pada kesempatan rapat dan Monitoring Evaluasiini juga diberikan kesempatan kepada semua peserta rapat untuk menyampaikan pertanyaan, pendapat atau sarannya, dan setelah tidak adalagi yang mengajukan pertanyaan, selanjutnya dibacakan hasil kesimpulan rapat hari ini ;

Kemudian untuk mengakhiri rapat pagi hari ini, Bapak Panitera meminta kepada notulen rapat untuk membuat Laporan Hasil rapat berjenjang ini, dan supaya diarsipkan untuk disimpan dalam map rapat berjenjang dengan rapih pada lemari arsip Akreditasi Penjaminan Mutu, juga supaya ditampilkan ke website Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik Kelas IA, selanjutnya Bapak Panitera mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang telah mengikuti rapat Bulanan Kepaniteraan ini, serta menghimbau supaya jajaran Kepaniteraan dan JurusitaPengadilan Negeri /Hubungan Industrial Kelas IA bekerja dengan professional dan ikhlas dengan tetap menjaga kekompakan dan rasa kekeluargaan

Kemudian rapat ditutup oleh Ibu NURTIANINGSIH, SH.MH.selaku notulen rapat tepat pada pukul 10.00WIB ;

Syarat dan Tata Cara Pengaduan Mengacu kepada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan. PROSEDUR PENGADUAN…

Baca Selengkapnya

Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan A.…

Baca Selengkapnya

Bantuan Hukum untuk Masyarakat Tak Mampu Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi…

Baca Selengkapnya