BANNER LOGO 1A

"Satu Tujuan, Satu Tantangan Untuk Peradilan Yang Agung, Salam Satu Pudak"
PELAYANAN TERPADU SATU PINTU
Layanan Terpadu Untuk Melayani Masyarakat Lebih Cepat, Efesien dan Akuntabel
ERATERANG MAHKAMAH AGUNG RI
Merupakan media elektronik dalam memberikan pelayanan permohonan Surat Keterangan pada Pengadilan Negeri
E-COURT MAHKAMAH AGUNG RI
Adalah layanan bagi Pengguna Terdaftar untuk Pendaftaran Perkara Secara Online, Mendapatkan Taksiran Panjar Biaya Perkara secara online, Pembayaran secara online dan Pemanggilan yang dilakukan dengan saluran elektronik.
POSBAKUM
POSBAKUM Anda yang kurang mampu berhak mendapatkan layanan bantuan hukum secara cuma-cuma Gunakan hak anda, manfaatkan POSBAKUM
SISTEM INFORMASI PENELUSURAN PERKARA
Sistem Informasi Penelusuran Perkara (SIPP) Cara termudah untuk mengetahui tentang perkara yang sudah atau sedang di proses
SISTEM INFORMASI PENGAWASAN MAHKAMAH AGUNG RI
SIWAS ditujukan untuk Anda yang memiliki informasi dan ingin melaporkan suatu perbuatan berindikasi pelanggaran yang terjadi di lingkungan Mahkamah Agung Republik Indonesia atau Peradilan di bawahnya. Penanganan Whistleblowing tidak melayani pengaduan saudara yang berkaitan dengan masalah perkara.
ANYTIME ANYWHERE
Akses situs kami melalui smartphone anda, kapan saja dimana saja.
DIREKTORI PUTUSAN
Kumpulan Putusan Atas Perkara- Perkara Yang Ditangani oleh Pengadilan Negeri Gresik Pada Direktori Putusan Mahkamah Agung Republik Indonesia
VIDEO INFORMASI GUGATAN SEDERHANA
Penayangan Video Informasi Mengenai Gugatan Sederhana.
sipp3

 

 

jadwalsidangnew
    

posbakum    EFERTGER
direk 

RAPAT BULANAN JULI 2020

Pada hari RABU tanggal 22 Juli 2020 sekira pukul 08.00 WIB bertempat dihalaman parkir pada Kantor Pengadilan Negeri /Hubungan Industrial Gresik Kelas IA, telah diadakan rapat Bulanan untuk bulan Juli 2020, rapat bulanan hari ini agak unik tidak seperti biasanya karena dilaksanakan diluar Gedung kantor, yaitu diareal parkiran/halaman samping Gedung kantor Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik ditengah matahari pagi yang menyehatan dengan tetap menerapkan jaga jarak/physical distancing.

rapat luar1

rapat luar2

rapat luar3

rapat luar4

rapat pagi ini langsung dipimpin oleh Ketua Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial Gresik Kelas IA, Bapak FRANSISKUS ARKADEUS RUWE, SH.MH Rapat ini sebagai tindak lanjut dari rapat berjenjang yang merupakan standar dalam system Akreditasi penjaminan mutu dan reformasi birokrasi, pada rapat hari itu Ketua Pengadilan didampingi oleh Wakil Ketua Pengadilan Negeri Ibu WIWIN ARODAWANTI, SH.MH, Panitera Bapak YUSRIZAL, SH.MH, dan Sekretaris Ibu MULIA KUSUMA DE ROSARI, SH.MH, dan rapat juga dihadiri oleh Bapak dan Ibu Hakim, para Panitera Muda, Para Kasubag, pejabat pungsional, serta seluruh karyawan dan karyawati Pengadilan Negeri /Hubungan Industrial Gresik Kelas IA

Adapun agenda rapat yang dibacakan oleh Notulen Rapat Bapak ANDI WILSAN, ST. adalah sebagai berikut :

  1. Pembukaan
  2. penyampaian hasil rapat berjenjang unit2
  3. Pembinaan dari Ketua, Wakil Ketua, Panitera dan Sekretaris
  4. Tanya jawab
  5. Kesimpulan
  6. Penutup

Penyampaian hasil Hasil Rapat Berjenjang unit2:

Pada kesempatan paparan hasil rapat berjenjang, baik rapat hakim, Kepaniteraan dan Kesekretariatan, permasalahan permasalahan dapat diselesaikan pada tingkatan rapat berjenjang tersebut,

Pembinaan Ketua

  • Dari data Evaluasi SIPP seluruh Indonesia, Pengadilan Negeri Gresik ada diurutan Nomor 254 dari 382 , angka tersebut disampaikan oleh Ketua Pengadilan termasuk angka yang kurang baik, dikarnakan jumlah perkara pada Pengadilan Negeri tidaklah termasuk banyak, akan tetapi jumlah personil sudahlah sangat lah cukup, untuk itu dihimbau kepada semua Hakim, Panitera Pengganti, jurusita dan Jurusita pengganti untuk menginput dan mengupload SIPP secara real time (waktu sesungguhnya) dan tanpa ada rekayasa dalam penginputan atau penguploadan dokumen ke SIPP ;
  • Terkait dengan PTSP yang sedang dilombakan dan ZI menuju WBK dan WBBM yang juga ikut diusulkan diminta supaya tidak hanya menjadi tanggung jawab petugas yang ada pada SK Ketua, akan tetapi menjadi tugas tanggung jawab semua warga Pengadilan Negeri Gresik untuk dapat menjaga dan mensukseskan Satker Pengadilan Negeri Gresik dalam lomba 2 kegiatan tersebut ;
  • Dalam rangka untuk menjaga kesehatan kepada semua warga Pengadilan ditengah2 pandemi Covid 19 ini, dimana Kota Gresik termasuk daerah Zona Merah, diminta kepada semuanya untuk menerapkan jaga jarak dan menggunakan protokoler kesehatan yang cukup, dan kepada bagian Umum supaya setiap ruangan sidang untuk disemprot cairan Disinfectan, dan didepan pintu masuk ruang sidang disiapkan juga sabun, dan kepada petugas piket sidang untuk mengarahkan bagi semua pengunjung yang akan masuk keruang sidang untuk menerapkan protokoler kesehatan dan mencuci tangan sebelum masuk keruang persidangan ;
  • Akan diberikan reward oleh 4 pilar kepada Hakim, Panitera Pengganti, Jurusita, bagian Kesekretariatan, petugas PTSP juga Sekurity yang dinilai untuk bulan ini bekerja lebih baik, dan dikatakan juga oleh Ketua bahwa pemberian reward ini akan diadakan setiap 2 (dua) bulan sekali, dan berikan setelah selesai rapat bulanan ;
  • Kepada semua warga pengadilan untuk memiliki rasa kepedulian dan cinta terhadap kantor ;
  • Kepada semua warga pengadilan untuk mematuhi jam kerja dan Maklumat MA RI No. 1 tahun 2017, Perma No 7,8, dan 9 Tahun 2016 , dan terhadap aturan tersebut untuk selalu menghayati dan mengamalkan aturan2 tersebut diatas, dan menegaskan untuk jangan melakukan perbuatan2 yang tercela dengan cara selalu mengingat Tuhan Yang Maha Esa, mudah2an kita akan terhindar dari hal hal yang melanggar ;

Pembinaan Wakil Ketua

  • Terkait kinerja Satker Pengadilan Negeri/Hubungan Industrial diminta supaya untuk selalu disiplin dalam penginputan SIPP setelah menjalani persidangan ;
  • Supaya kedisiplinan masuk kerja dan pulang kerja atau keluar kantor harus dilaksanakan, dan atas izin pimpinan/atasan langsung ;
  • kepada hakim pengawas bidang, agar setiap bulan melaporkan hasil pemeriksaannya secara tertulis kepada Wakil Ketua ;

Pembinaan Panitera

  • Dikatakan , bahwa sejak beberapa tahun yang lalu, Mahkamah Agung RI telah mencanangkan kalau Mahkamah Agung dan jajaran Peradilan dibawahnya sedang menuju Peradilan Modern berbasis Teknologi Informasi, maka diharapkan semua aparat Peradilan harus sudah menguasai Teknologi informasi, karena apabila tidak, maka kita akan tergerus dengan teknologi itu sendiri, untuk itu sedari sekarang kita semua harus sudah memilik semangat yang maximal untuk melaksanakan hal tersebut, karena terbukti sekarang sudah dikeluarkannya beberapa regulasi tentang penggunan system berbasis Teknologi informasi tersebut, seperti antara lain dikeluarkannya suratnya dari Dirjen Badilum MA RI No 1153/DJU/HM02.3/12/2018 tertanggal 14 Desember 2018 tentang Penerapan Register Elektronik pada Pengadilan yang akhirnya nanti akan menghapus Register/buku manual yang akan diganti e-Register, lalu Perma No. 3 Tahun 2008 tentang e-court yang nantinya customer/pencar keadilan akan dapat langsung kapan saja mendaftarkan perkara, membayar biaya perkara dan pemanggilan sidang serta penyampaian dokumen secara elektronik atau e-court, Memorandun No 004/PAN/HK.01/1/2019 tanggal 4 Januari 2019 dimana pengiriman berkas Kasasi dan PK harus/wajib disertai dengan soft copynya, tentang penegakan Ketentuan SEMA No 1 Tahun 2014 tentang perubahan atas SEMA No. 14 Tahun 2010 tentang Dokumen Elektronik sebagai kelengkapan permohonan Kasasi dan PK dan apabila tidak maka perkara tersebut tidak akan diregisterkan/didaftarkan pada Kepaniteraan MA RI dan apabila hal tersebut tidak dipenuhi maka akan mendapatkan penilaian oleh MA RI kepada kinerja atasan di Pengadilan khusunya Panitera selaku Administrator di Pengadilan, surat Dirjen Badilum MA RI No 55/DJU/HK.00.1/1/2019 tentang Target SPPT-TI Tahun 2019-2010 kepada 5 (lima) Pengadilan Tinggi yang menjadi Pilot Project SPPT-TI dimana nantinya SPPT-TI akan berlaku secara nasional, dimana SPPT_TI adalah system atau database penanganan perkara tindak pidana secara terpadu berbasis teknologi, dimana ini merupakan bentuk pertukaran informasi pelayanan antara sesama lembaga/aparat penegak hukum dalam rangka untuk melaksanakan Perpres No 54 tahun 2018 tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi, dan SPPT-TI ini juga merupakan unggulan MA RI tahun ini, lalu surat dari DIR PAPU tgl 26 Juni 2020 tentang pengiriman surat melalui Web site Dri Papu baik itu berupa laporan perkara dan laporan Non perkara supaya dikirim paling lamat tanggal 5 setiap bulannya secara online yang artinya setiap satker tidak perlu lagi mengirim Laporan Bulanan, catur wulan, semester dan tahunan secara manual, pos, atau email kaena sudah tersusun secara rapih, dan yang terakhir berbasis teknologi adalah surat dari Dirjen Badilum tgl 2 Juli 2020 tentang permintaan bantuan Delegasi setiap Satker yang masih secara manual, supaya sudah tidak menggunakan manual lagi dan menekankan supaya benar benar melaksanakan Sema No. 6 tahun 2014 tentang penanganan bantuan panggilan/pemberitahuan Delegasi ;
  • Mengingatkan kembali kepada semuanya tentang PTSP khusus kepada para Panmud untuk selalu mengawasi pelaksanaan petugas/stafnya yang ada di PTSP, agar benar benar melaksanakan tugasnya dengan baik, karena PTSP Pengadilan adalah wajah/cermin dari kantor Pengadilan Negeri /Hubungan Industrial Kelas IA, karena semua pelayanan Peradilan pada masyarakat pencari keadilan ada pada meja PTSP tersebut, jadi petugas yang ada disana diharapkan wajib menguasai tugas pokok dan pungsi dari bagian2 nya masing2, juga dapat memberikan pelayanan yang ramah sesuai dengan system akreditasi yaitu 3S (senyum, salam dan sapa), sehingga outputnya dapat memberikan pelayanan maximal/memuaskan kepada masyarakat ;
  • kepada semua Panitera Pengganti dan Jurusita untuk selalu Disiplin dalam penginputan dan penguploadan perkaranya kedalam SIPP ;
  • selanjutnya pada kesempatan itu juga Panitera mengingatkan kembali tentang PERMA No.8 Tahun 2016 tentang Pengawasan dan Pembinaan atasan langsung di lingkungan MA RI dan Badan Peradilan dibawahnya, dan SK KMA No. 122/2013 tentang kode etik Pedoman dan Perilaku Panitera dan jurusita, dan terhadap aturan tersebut panitera mengingatkan untuk selalu menghayati dan mengamalkan aturan2 tersebut diatas, dan menegaskan untuk jangan melakukan perbuatan2 yang tercela dengan cara selalu mengingat Allah swt, Inshallah kita akan terhindar dari hal hal yang melanggar, dan mengingatkan juga supaya dapat Disiplin, baik jam kerja maupun jam pulang sebagaimana aturan jam kerja yang telah ditentukan ;

Pembinaan Sekretaris

  • Agar semua warga Pengadilan Negeri /Hubungan Industrial Gresik Kelas IA selalu menjaga kebersihan kantor, dan diharapkan kepada atasan langsung supaya dapat menegor pegawai honor untuk dapat menjaga kebersihan kantor ;
  • Kepada pegawai honor yang ditunjuk sebagai Satpam, supaya pada jam masuk dan pulang kantor supaya dapat mengatur lalu lintas didepan pintu masuk kantor Pengadilan ;
  • Penyerapan DIPA 01 dan 03 sudah sesuai dengan harapan ;

-       Rapat juga memberikan kesempatan kepada peserta rapat untuk diskusi Tanya jawab.

-       Atas hasil rapat kemudian dibacakan Kesimpulan oleh Notulen Rapat, selanjutnya Setelah pemberian Reward kepada Hakim dan ASN, oleh 4 pilar, rapat ditutup oleh Bapak Ketua tepat pada pukul 10.00 WIB, dengan sebelumnya mengucapkan terimakasih kepada semuanya yang telah mengikuti rapat Bulanan ini, selanjutnya untuk mengakhiri rapat kali ini menghimbau supaya keluarga besar Pengadilan Negeri /Hubungan Industral Gresik Kelas IA bekerja dengan fropesional dan ikhlas dengan tetap menjaga kekompakan dan rasa kekeluargaan.

Pencarian

ecourt bulat1

eraterangapik

SURVEI BARU1

SIWAS BULATNEW

  • LIA HERAWATI, SH
  • SILVYA TERRY, SH
  • Dra. SRI SULANDJARI
  • WIWIN ARODAWANTI, SH. MH.
  • SUBANDRI,SH
  • FRANSISKUS ARKADEUS RUWE,SH,MH.
  • YUSRIZAL, SH.MH
  • AGUNG CIPTOADI,SH.MH
  • HARTOYO, SH
  • MULIA KUSUMA D R, SH.MH
  • HERDIYANTO S,SH.MH
  • SUGENG AGUNG SISWOYO, SH
  • AHMAD TAUFIK, SH
  • NURTIANINGSIH,SH.MH
  • EDDY, SH
  • ARIYAS DEDY, SH
  • FITRIAH ADE MAYA, SH
jextensions.com
София plus.google.com/102831918332158008841 EMSIEN-3
Syarat dan Tata Cara Pengaduan Mengacu kepada Lampiran Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 076/KMA/SK/VI/2009 tanggal 4 Juni 2009 tentang Pedoman Pelaksanaan Penanganan Pengaduan di Lingkungan Lembaga Peradilan. PROSEDUR PENGADUAN…

Baca Selengkapnya

Prosedur Pelayanan Permintaan Informasi Ketua Mahkamah Agung RI pada tanggal 5 Januari 2011 telah menerbitkan Surat Keputusan Ketua Mahkamah Agung RI Nomor 1-144/KMA/SK/I/2011 tentang Pedoman Pelayanan Informasi di Pengadilan A.…

Baca Selengkapnya

Bantuan Hukum untuk Masyarakat Tak Mampu Mahkamah Agung RI pada tanggal 9 Januari 2014 telah menerbitkan Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum Bagi…

Baca Selengkapnya